Menyambangi Dappoermu, Ada Nasi Kebuli dan Kambing Guling yang Wajib Kamu Coba!

 

Pernahkah menikmati nasi kebuli di tengah hamparan sawah, ladang tebu serta ladang jagung mengelilingi? Akhir pekan lalu, suasana asri itu menemaniku mencicip sebuah signature menu khas Dappoermu, Nasi Kebuli beras Basmati dengan kambing panggang atau lebih dikenal popular sebagai kambing guling.

Nasi Kebuli yang ditawarkan memang agak berbeda dari yang biasa kucicip. Pernah mencicip nasi kebuli ala Arab, India, Pakistan dan Aceh ternyata nasi kebuli Dappoermu ini bercita rasa bumbu racikan Papua. Tidak seperti nasi kebuli umumnya yang cenderung creamy, nasi kebuli Dappoermu cenderung kering, rapi dengan rasa rempah timur tengah yang tidak terlalu kuat. Hampir tidak kutemukan minyak diantara nasi. Rasanya cocok dengan selera nusantara. Ada beberapa pilihan menu nasi kebuli yang layak dicoba juga yaitu nasi kebuli kambing, nasi kebuli ayam, nasi kebuli ikan nila, nasi kebuli telur dan nasi kebuli tahu tempe. Harga nasi kebulinya juga cukup terjangkau berkisar antara 15-38rb saja. Karena aku pecinta kambing, aku pilih nasi kebuli kambing yang tasty abis. Lupakan sejenak darah tinggi dan netralkan dengan minum es timun serut yang seger. Wah ini sih kombinasi yang enak parah. Jangan sampai ngga cobain!

Sedangkan Kambing Guling Dappoermu ini harus dipesan terlebih dahulu. Hidangan ini cocok sekali untuk acara gathering, arisan, meeting informal dan acara outdoor lainnya. Sebuah kambing guling bisa disajikan untuk 40-60 porsi tergantung berat dan besar kambing dengan pilihan rasa yang bisa dipesan yaitu gurih pedas atau gurih manis. Kambing Guling yang kucicip kemarin benar-benar fresh, tebal tetapi empuk. Sempat menyaksikan cara memasaknya, kambing guling ini dioles bumbu rahasia kemudian diguling di atas briket batu bara selama satu setengah jam. Pantas saja rasa gurihnya terasa meresap hingga lapisan terdalam daging. Oya, untuk kambing guling harganya antara 1,5 hingga 3,5jt.

 

Makanan tradisional juga melengkapi sajian di Dappoermu.ย  Kalau kamu kangen masakan rumahan karena keseringan jajan kekinian dan males masak coba saja ke Dappoermu. Beberapa sayur, lauk pauk dan gorengan ala Dappoermu bisa dicicip dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan nasi, sayur dan juga aneka sambal bisa dicoba sepuasnya hanya dengan Rp 10.000ย  saja. Tinggal menghitung seberapa banyak lauk dan gorengan yang menemaninya.

 

Oh yaa, kalau kamu butuh inspirasi dan pengen ngopi, Dappoermu juga menyediakan kopi khas Papua yang jarang kita temui di coffeeshop lain. Kopi jenis robusta Ambaidiru diambil dari ketinggian 800 Mdpl kota Serui, sebuah kabupaten di Papua. Seperti jenis kopi robusta lain yang mendominasi di Indonesia, kopi Ambaidiru bercita rasa kuat dan cenderung pahit. Sayang sekali, karena terlalu kenyang menyantap nasi kebuli dan kambing guling, kopi ini belum sempat kucicip. Tak hanya itu, ada pula kopi jenis arabica Black Gold yang berasal dari Wamena, kab Jayawijaya. Jika kamu pecinta kopi Indonesia, wajib coba juga dua pilihan kopi spesial ini.

Tak perlu khawatir kehabisan tempat, karena selain ada area indoor yang cukup luas di joglo utama, beberapa set kursi di teras, view di outdoor juga tak kalah seru untuk dinikmati. Jika tiba waktu sholat dan masih menyantap makanan, tak perlu khawatir untuk tertinggal karena ada mushola di bagian belakang.

Tertarik mencicip aneka menu di Dappoermu? Lokasi Dappoermu berada di Jln Nglengkong Besi No 11,ย  Area Sawah, Sukoharjo, kec. Ngaglik, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Buka mulai 07.30 hingga 19.30 setiap hari dan libur di hari Senin.

15 thoughts on “Menyambangi Dappoermu, Ada Nasi Kebuli dan Kambing Guling yang Wajib Kamu Coba!

  1. Kefin maulana ibrahim says:

    Penyusunan kalimat yang membuat pembaca merasa nyaman dan tidak bosan,menggunakan bahasa layaknya orang yang sedang berbincang berdua,sangat interaktif,teruskannn

  2. Ella says:

    Begitu liat foto fiturnya kaya ga asing sm tempatnya. Eh ternyata di Ngaglik. Semoga next bisa nyobain nasi kebuli dan kambing gulingnya. Menggoda banget keliatannya ya. Enak juga tempatnya buat ngopi2..

  3. Diah Alsa says:

    wohooo, nasi kebuli rasa nusantara, unik banget ya Mbak apalagi disantapnya di tengah persawahan gitu duuh nikmat dan syahdunya.
    harganya pun juga ramah di kantong ya ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *